Agustinus Susanto, S.Pd

Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi

Posted by agus in September 24, 2008

Dalam kegiatan ekonomi, ada beberapa pelaku yang terlibat di dalamnya. Berdasarkan jenis kegiatannya, para pelaku ekonomi terdiri dari produsen, konsumen dan distributor, namun secara lebih khusus pelaku-pelaku utama dalam perekonomian adalah Rumah tangga konsumen, Rumah Tangga Produsen, Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa peran dari para pelaku ekonomi dalam perekonomian:

1. Rumah Tangga Konsumen (RTK)
Rumah tangga adalah satuan unit terkecil di dalam masyarakat yang tinggal dalam suatu bangunan yang sama dan melakukan pembagian dalam hal pemenuhan kebutuhan hidup. Peran rumah tangga konsumen adalah:

  • Sebagai konsumen. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, RTK melakukan konsumsi atas barang atau jasa yang dihasilkan rumah tangga produsen.
  • Sebagai Pemasok/Pemilik faktor produksi. rumah tangga konsumen menjadi pemilik faktor produksi yang dibutuhkan oleh Rumah tangga produsen yaitu: Tanah, tenaga kerja, modal, keahlian atau skill. Dan sebagai pemasok terhadap rumah tangga produsen, RTK berhak menerima imbalan yang berupa sewa tanah, upah/gaji, bunga modal, laba.

2. Rumah Tangga Produsen (RTP)
Rumah tangga produsen disebut juga Perusahaan. perusahaan adalah sekelompok anggota masyarakat yang tugasnya memproduksi barang dan jasa untuk memenihi kebutuhan masyarakat. peran rumah tangga produsen dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Sebagai produsen. sebagai produsen, rumah tangga produsen menghasilkan barang/jasa yang diperlukan oleh rumah tangga konsumsi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, termasuk juga dijual ke luar negeri (ekspor)
  • sebagai pennguna faktor produksi. agar mampu menghasilkan barang atau jasa, perusahaan memerlukan berbagai faktor produksi berupa sumber daya alam/bahan baku, modal, tenaga kerja, dan keahlian yang didapat dari rumah tangga konsumen.
  • sebagai agen pembangunan. agen artinya perantara, sedangkan agen pembangunan artinya RTP membantu pemerintah dalam kegiatan pembangunan seperti membuka lapangan kerja, membangun infrastruktur, menyejahterakan karyawan, meningkatkan kualitas SDM, dsb.

3. Pemerintah
Peran Pemerintah dalam kegiatan ekonomi antara lain:

  • Sebagai pengatur. dalam kegiatan ekonomi, Pemerintah mengatur lalu lintas perekonomian dalam negeri untuk menjaga stabilitas ekonomi, mencegah kekacauan dan hal-hal yang dapat menimbulkan kerugai masyarakat banyak. Misalnya menetapkan pajak atas barang mewah agar harga barangnya dapat diatur.
  • sebagai Konsumen atas barang-barang hasil produksi, misalnya dalam aktivitas sehari-hari untuk melancakan kegiatan administrasi pemerintah memerlukan kertas yang dihasilkan olen produsen.
  • sebagai produsen atas fasilitas umum, misalnya perusahaan air minum, listrik dsb.

4. Masyrakat Luar Negeri
Masyarakat luar negeri adalah pelaku kegiatan ekonomi yang sangat penting, yang antara lain kegiatannya adalah

  • Perdagangan (ekspor dan Impor)
  • Pertukaran tenaga kerja khususnya untuk tenaga ahli
  • Penanaman modal (investasi)
  • Pinjaman Luar negeri (CGI, IMF)
  • Bantuan luar negeri.

Berdasarkan peran dari masing-masing pelaku ekonomi terdapat keterkaitan yang dapat dilihat melalui Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi berikut ini:

No Responses

Leave a Reply

Tags

Archives

Categories